ABSTRAKSI
|
Tantangan untuk
industri yang serba cepat dibutuhkan teknologi yang mampu membawa produk dari sebuah konsep serta mampu bersaing
dengan pemimpin industri lain. Adanya beragam segmentasi pasar dan pelanggan,
membutuhkan sebuah desain produk yang kompetitif serta dibutuhkannya
pengembangan dari desain tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah metode
yang dapat menyingkat waktu tunggu dalam menafsirkan kebutuhan pelanggan.
Kebutuhan pelanggan di kumpulkan, didata dan dianalisa sehingga dapat
langsung digunakan dalam pengembangan produk.
|
Pendahuluan
|
Quality
Function Deployment (QFD) adalah
alat yang umum digunakan dalam pengembangan produk dan kualitas operasi. QFD
adalah teknik rekayasa sistem untuk meningkatkan kualitas dengan memasukkan
suara pelanggan dalam proses pengembangan produk. Metodologi yang digunakan
dalam QFD ada dua, yakni rumah kualitas atau House of Quality dan Model Kano. Alat-alat ini, khususnya rumah kualitas, menggabungkan masukan dari sejumlah
tim lintas fungsional yang berbeda dalam organisasi pengembangan produk untuk
meningkatkan komunikasi dan kepuasan akhir pelanggan secara keseluruhan.
|
Metodologi Penelitian
|
Menggunakan metode QFD melalui rumah kualitas (House of Quality) dan Model Kano
|
Studi Kasus
|
Pengembangan produk pada perusahaan Myne Electronics, mengembangkan
produk radio Livio Pandora gen 2
|
Kesimpulan
|
Secara keseluruhan, penggunaan
analisis gabungan dan kualitas rumah terbukti menjadi alat yang ampuh dan
berguna untuk pengembangan produk. Ini membantu mengurangi lead time, lebih baik
menangkap suara pelanggan, dan menurunkan biaya. Perusahaan yang ingin
menerapkan metodologi ini dapat melihat peningkatan kepuasan pelanggan dan
efisiensi pengembangan produk. Konsumen bisa mendapatkan keuntungan dari metodologi
ini ketika perusahaan mampu menghasilkan produk yang lebih baik berdasarkan
kebutuhan konsumen.
|
Jumat, 29 Desember 2017
Tabel Rangkuman Analsisi Jurnal Internasional
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar